Kamis, 23 Maret 2023

Manfaat dan Penanaman Bayam Merah di RPTRA Mutiara Sumur Batu

 


Bayam merah adalah tumbuhan keluarga Amaranthacea. Dikenal juga sebagai 'blood amaranth', 'red amaranth', 'purple amaranth'. 'prince feather' dan 'Mexican grain amaranth'. Bayam merah mampu tumbuh setinggi 2-3 kaki tinggi. 

Bayam merah mengandung pigmen betasianin dan antitosan yang lebih tinggi dari bayam hijau. Berikut 4 Manfaat Bayam Merah yang di kutip dari halodoc.

1. Menigkatkan Kadar Hemogoblin

Hemogoblin merupakan salah satu sel darah merah yang kaya akan kandungan zat besi. Hemogoblin berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Dalam bayam merah terdapat zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu meningkatkan kadar hemogoblin dalam tubuh.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Studi yang dipublikasikan di Tropical Journal of Pharmaceutical Research menunjukan bahwa bayam merah memiliki khasiat sebagai antidiabetes. Bayam merah juga mengandung tanin dan polifenol yang mampu menjaga kadar trigliserida.

3. Tinggi Antioksidan

Bayam merah memiliki kadar antioksidan polifenol yang  cukup tinggi. Jika rutin di konsumsi, tubuh akan terlindungi dari krusakan sel yang di sebabkan oleh radikal bebas.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya antioksidan, bayam merah juga tinggi akan kandungan vitamin C yang mampu mengatasi infeksi dan mempercepat penyembuhan ketika sakit.



Menanam Bayam Merah dapat dilakukan langsung dalam media tanam berupa tanah dihalaman maupun perkarangan rumah. Namun apabila memiliki keterbatasan halaman maupun perkarangan rumah dapat menggunakan sistem penanaman secara hidroponik.

RPTRA Mutiara Sumur Batu dalam pengaplikasian 10 program PKK mengenai ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Pokja III berserta PIC Pokja III TP-PKK kelurahan sumur batu melakukan penanaman bayam merah diarea RPTRA Mutiara Sumur Batu menggunakan sistem hidroponik. 

Penanaman mengunakan cara hidroponik di mulai dari penyemaian dini selama 3 hari.


Apa bila telah tumbuh tunas setinggi 2-3 cm tunas akan di pindahkan ke netpot dan diletakan dalam media hidroponik. Bayam merah membutuhkan waktu panen 20-25 hari sejak ditanam. Pada usia tersebut, bayam merah masih segar dan belum terkena hama atau penyakit.


Sumber: Wikipedia & Halodoc

Penulis : -f23-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar