Sabtu, 14 Januari 2023

Tips Belajar Efektif dan Efisien

sumber: https://belajar.kemdikbud.go.id/


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia belajar berarti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. 

Belajar tidak hanya dilakukan oleh siswa, tetapi belajar itu bisa untuk siapa saja. Contohnya ketika seseorang ingin mengikuti ujian masuk kampus maupun ujian masuk untuk mendapatkan pekerjaan. 

Jadi, setiap orang pastinya belajar setiap harinya. Hanya saja cara belajar setiap orang berbeda-beda. Lalu bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien? sehingga dapat memahami materi pelajaran dengan baik? berikut tips belajar efektif dan efisien yang bisa kamu coba.

1. Menetapkan Tujuan

Menetapkan tujuan dalam belajar dimaksudkan agar kamu lebih termotivasi dengan apa yang akan kamu raih setelah kamu belajar. Contoh ketika kamu akan menghadapi ujian akhir semester, dan kamu punya tujuan untuk mendapatkan nilai diatas KKM agar tidak remedial pada setiap matapelajaran yang di ujikan, maka yujuan tersebut yang aka menjadi motivasi jika kamu mulai kehilangan semangat belajar. 

Memiliki tujuan yang jelas membantu kamu tetap fokus dan konsisten selama proses belajar.

2. Membuat Jadwal Belajar

Belajar setiap hari adalah salah satu kunci agar hasil belajarmu lebih banyak dipahami dan di ingat ke otak, dibandingkan belajar dengan sistem kebut semalam. Bahkan jika kamu hanya menghabiskan 20 menit untuk belajar setiap hari, itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

3.Suasana belajar

Suasana belajar sangat penting karena akan berpengaruh terhadap konsentrasi kamu saat belajar. Beberapa orang akan merasa fokus dan nyaman jika belajar di kondisi yang sepi dan tidak banyak ganguan. 

Namun ada juga orang yang lebih senang belajar sambil mendengarkan musik. Semua tergantung diri kamu, pahami suasana belajar seperti apa yang membuat kamu nyaman dan tetap fokus dalam belajar.

4. Buat Ringkasan Belajar

Setelah kamu selasai belajar, buatlah ringkasan belajar dari apa yang kamu pelajari. Ringkasan belajar ini juga membantu kamu mengulang kembali apa saja yang kamu pelajari saat belajar. 

Ringkasan belajar umumnya terdari dari poin poin penting mengenai pelajaran yang kamu pelajari. Poin poin tersebut nantinya juga akan membabtu kamu mengingat lebih mudah materi pelajaran tersebut.

5. Memahami Bukan Menghafal

Banyak dari kita dalam belajar lebih sering "menghafal" dari pada memahami materi. Menghafal pelajaran hanya efektif untuk ingatan jangka pendek atau hanya kita bisa ingat untuk menghadapi ujian. Untuk mengingat suatu ilmu atau pelajaran dalam jangka panjang pilihlah cara dengan memahami pelajaran bukan dengan menghafalnya saja. 

6. Jangan Malu Bertanya

Kamu belajar karena kamu memang tidak mengerti, maka jika kamu kesusahan jangan ragu untuk selalu bertanya. Kamu bisa bertanya kepada temanmu, belajar bersama atau diskusi juga mampu membuat belajar menjadi lebih menyenangkan.


Sumber:
https://edukasi.kompas.com/read/2022/07/13/053700471/ini-7-tips-belajar-efektif-dan-efisien?page=all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar